Pendidikan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari arus globalisasi karena berkaitan erat dengan ketersediaan serta penyiapan sumber daya manusia (SDM) di dalamnya. Revolusi Industri (RI) 4.0 sesungguhnya merupakan salah satu pemantik bagi pendidikan agar dapat lebih intensif dalam mencetak lulusan yang kompeten dan kompetitif menghadapi arus globalisasi yang telah nyata membawa perubahan diberbagai bidang.

Teknologi pendidikan dalam Revolusi Industri 4.0 dapat terlihat dalam berbagai hal seperti icloud, Internet of Things, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent), Augmented Reality, ruang kelas, maupun kelas virtual. Namun hal lain yang tidak kalah penting adalah proses transformasi teknologi dan bagaimana menyikapinya agar masa yang akan datang peserta didik siap menhadapi teknologi yang menggeser peran manusia. Sehingga peserta didik dituntut untuk kreatif, inovatif, dan mengembangkan skillnya.

SMP Negeri 2 Bandung sedang dalam upaya meningkatkan mutu dan prestasi baik Akademis maupun Non-Akademis dalam pendidikannya, Kurikulumnya pun mengalami perubahan-perubahan yang disesuaikan tuntutan Pemerintah dan Lingkungan sekitar. Potensi lingkungan sekolah, nilai-nilai budaya lokal, dan model pembelajaran yang akan menjadi bahan utama dalam kegiatan pembelajaran untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa.

SMPN 2 Bandung sebagai salah satu satuan pendidikan di kota Bandung memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan dan merealisasikan Visi dan Misi: (1) Pememrintah Kota Bandung; (2) Disdik Kota bandung; dan (3) Sekolah, sekaligus mengimplementasikan RI 4.0 dan Bandung Masagi, dengan enam pilar pendidikan Berkarakter, yaitu: (1) Trustworthiness (Kpercayaan): Jujur, handal, berani karena benar, patuh; (2) Respect (Respek) Toleran, sopan dan santun, empati; (3) Responsibility (Tanggungjawab): Disiplin, berhati-hati dalam bertindak; (4) Fairness (keadilan): Taat peraturan, berbagi, terbuka, mendengarkan orang lain, tidak menyalahkan orang lain; (5) Caring (Peduli): kasih sayang, bersyukur, pemaaf, membantu orang lain; (6) Citizenship (Kewarganegaraan): melindungi lingkungan hidup, bekerja sama dengan Instansi lain, Networking.

Secara umum dapat dikemukakan bahwa tujuan perubahan kurikulum SMP Negeri 2 Bandung adalah untuk memfasilitasi upaya pengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. SMP Negeri 2 Bandung menyarikan menjadi 6 pilar pendidikan karakter: (1) Religius; (2) Disiplin; (3) jujur dan percaya diri; (4) gemar membaca; (5) peduli kesehatan dan lingkungan; dan (6) kerja keras, kreatif dan inovatif.

Hasil pendidikan di SMP Negeri 2 Bandung, akan dirasakan oleh peserta didik sekian tahun yang akan datang, setelah mereka terjun langsung dengan lingkungannya yang kompetitif dan arus globalisasi sanagat pesat.

Mudah-mudahan Allah menizinkan alumni SMP Negeri 2 Bandung menjadi insan yang berguna bagi masyarakat di lingkungannya serta bangsa dan negara Indonesia pada umumnya juga dapat mengimbangi perubahan-perubahan teknologi yang telah terjadi di zamannya. Aamiin YRA.

wakasek kurikulum Asep Rahman Sumarna, S.S.i, M.M.